Polyurethane: Perbedaan revisi

Dari HobiKayu Wiki
Lompat ke: navigasi, cari
(←Membuat halaman berisi 'Varnish '''Polyurethane''' atau biasa kita sebut '''PU''' merupakan varnish atau top coat yang sangat kuat terhadap kelembaban dan cuaca dan juga awet dalam melindungi...')
 
Baris 1: Baris 1:
Varnish '''Polyurethane''' atau biasa kita sebut '''PU''' merupakan varnish atau top coat yang sangat kuat terhadap kelembaban dan cuaca dan juga awet dalam melindungi kayu sehingga cocok untuk furniture indoor dan outdoor. Polyurethane juga lebih tahan gores dan tahan terhadap air dan biasa digunakan untuk finishing kayu-kayu keras.
+
Varnish '''Polyurethane''' atau biasa kita sebut '''PU''' merupakan varnish atau top coat yang sangat kuat terhadap kelembaban dan cuaca dan juga awet dalam melindungi kayu sehingga cocok untuk furniture indoor dan outdoor. Polyurethane juga lebih tahan gores dan tahan terhadap air dan biasa digunakan untuk finishing kayu-kayu keras. Polyurethane dapat menghasilkan film yang cukup tebal, khsusnya yang solvent-based.
 +
 
 +
== Kelebihan ==
 +
* Cukup kuat terhadap cuaca
 +
* Tahan air
 +
* Awet
 +
* Tahan gores
 +
 
 +
== Kekurangan ==
 +
* Mahal dibandingkan jenis varnish yang lain
 +
* Jika tidak diaplikasikan dengan benar, mudah retak
 +
* Jika rusak, kerusakan akan lebih parah jika terkena sinar matahari
 +
* Membuat kayu menjadi lebih kuning/gelap (oil-based)

Revisi per 5 Maret 2017 13.59

Varnish Polyurethane atau biasa kita sebut PU merupakan varnish atau top coat yang sangat kuat terhadap kelembaban dan cuaca dan juga awet dalam melindungi kayu sehingga cocok untuk furniture indoor dan outdoor. Polyurethane juga lebih tahan gores dan tahan terhadap air dan biasa digunakan untuk finishing kayu-kayu keras. Polyurethane dapat menghasilkan film yang cukup tebal, khsusnya yang solvent-based.

Kelebihan

  • Cukup kuat terhadap cuaca
  • Tahan air
  • Awet
  • Tahan gores

Kekurangan

  • Mahal dibandingkan jenis varnish yang lain
  • Jika tidak diaplikasikan dengan benar, mudah retak
  • Jika rusak, kerusakan akan lebih parah jika terkena sinar matahari
  • Membuat kayu menjadi lebih kuning/gelap (oil-based)