Varnish: Perbedaan revisi

Dari HobiKayu Wiki
Lompat ke: navigasi, cari
(Jenis dan Tipe Varnish)
(Melamine)
Baris 26: Baris 26:
  
 
=== Melamine ===
 
=== Melamine ===
''Artikel utama: [[Polyurethane]]''
+
''Artikel utama: [[Melamine]]''
  
 
=== Polyurethane ===
 
=== Polyurethane ===

Revisi per 5 Maret 2017 06.28

Kategori: Finishing Kayu

Varnish atau Pernis adalah lapisan transparan yang berfungsi sebagai pelindung, baik untuk kayu, besi dan bahan lainnya. Varnish merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam tahapan Finishing Kayu. Varnish biasanya merupakan campuran dari Drying Oil, Resin dan bahan pelarut/solvent atau pencampur. Varnish biasanya termasuk Top Coat atau lapisan akhir dan dapat menghasilkan tingkat glossy yang tinggi.


Komponen Varnish

Drying Oil

Bahan yang digunakan bisa termasuk Linseed Oil, Tung Oil atau Walnut Oil.

Resin

Ada berbagai macam resin atau gum (getah) yang digunakan untuk membuat varnish, seperti damar, amber, balsam dan dulu pernah ada yang menggunakan Shellac atau sirlak dan juga Lacquer.

Solvent

Solvent berfungsi sebagai pelarut, dan biasanya berbahan dasar atau mengandung minyak seperti natural turpentine (organik) dan mineral turpentine biasa disebut thinner atau biasa juga disebut mineral spirit.

Jenis dan Tipe Varnish

Shellac atau Sirlak

Artikel utama: Shellac

Shellac atau biasa kita sebut Sirlak adalah resin yang dihasilkan dari serangga Lac. Shellac termasuk varnish yang sangat kuat untuk melindungi kayu. Selain sebagai top coat, shellac juga digunakan untuk merubah tampilan atau warna kayu.

Spar Varnish

Artikel utama: Spar Varnish

Spar Varnish atau biasa juga disebut Marine Varnish adalah salah satu jenis varnish yang paling kuat, karena biasa digunakan untuk finishing kayu kapal atau kayu yang bersentuhan dengan air.

Melamine

Artikel utama: Melamine

Polyurethane

Artikel utama: Polyurethane

Lacquer

Artikel utama: Lacquer

Acrylic

Artikel utama: Acrylic

Alkyd

Artikel utama: Alkyd