Varnish

Dari HobiKayu Wiki
Lompat ke: navigasi, cari

Kategori: Finishing Kayu

Varnish atau Pernis adalah lapisan transparan yang berfungsi sebagai pelindung, baik untuk kayu, besi dan bahan lainnya. Varnish merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam tahapan Finishing Kayu. Varnish biasanya merupakan campuran dari Drying Oil, Resin dan bahan pelarut/solvent atau pencampur. Varnish biasanya termasuk Top Coat atau lapisan akhir dan dapat menghasilkan tingkat glossy yang tinggi.


Komponen Varnish

Drying Oil

Bahan yang digunakan bisa termasuk Linseed Oil, Tung Oil atau Walnut Oil.

Resin

Ada berbagai macam resin atau gum (getah) yang digunakan untuk membuat varnish, seperti damar, amber, balsam dan dulu pernah ada yang menggunakan Shellac atau sirlak dan juga Lacquer.

Solvent

Solvent berfungsi sebagai pelarut, dan biasanya berbahan dasar atau mengandung minyak seperti natural turpentine (organik) dan mineral turpentine biasa disebut thinner atau biasa juga disebut mineral spirit.

Jenis dan Tipe Varnish

Shellac atau Sirlak

Artikel utama: Shellac

Shellac atau biasa kita sebut Sirlak atau sering disebut juga Politur adalah resin yang dihasilkan dari serangga Lac. Shellac termasuk varnish yang sangat kuat untuk melindungi kayu. Selain sebagai top coat, shellac juga digunakan untuk merubah tampilan atau warna kayu.

Spar Varnish

Artikel utama: Spar Varnish

Spar Varnish atau biasa juga disebut Marine Varnish adalah salah satu jenis varnish yang paling kuat, karena biasa digunakan untuk finishing kayu kapal atau kayu yang bersentuhan dengan air.

Melamine

Artikel utama: Melamine

Melamine resin dibuat dari melamine dan formaldehyde atau formalin melalui proses polimerisasi. Karena mengandung formalin, di beberapa negara, melamine sudah tidak boleh digunakan untuk finishing furniture, makanya melamine hanya terkenal di Asia.

Polyurethane

Artikel utama: Polyurethane

Polyurethane atau biasa kita sebut PU merupakan varnish atau top coat yang sangat kuat terhadap kelembaban dan cuaca dan juga awet dalam melindungi kayu sehingga cocok untuk furniture indoor dan outdoor.

Lacquer

Artikel utama: Lacquer

Lacquer adalah varnish solvent-based atau campuran minyak. Lacquer digunakan sebagai pengganti melamine dan cukup kuat melindungi kayu. Dalam finsihing kayu, biasanya kita menggunakan Nitrocellulose lacquer atau NC.

Acrylic

Artikel utama: Acrylic

Varnish acrylic sangat transparan dan biasanya berbahan dasar air. Varnish berbahan dasar acrylic memiliki perlindungan terhadap sinar matahari yang cukup bagus, tapi tidak terlalu meresap kedalam kayu.

Alkyd

Artikel utama: Alkyd

Alkyd merupakan bentukan film yang dibuat dari minyak sayur melalui proses kimia. Alkyd cukup bagus melindungi kayu, cukup tahan terhadap cuaca dan cepat kering.

Epoxy

Artikel utama: Epoxy

Epoxy resin memberikan hasil yang tebal dan transparan. Epoxy digunakan untuk menghasilkan finishing yang menyerupai kaca karena tingkat glossy-nya yang tinggi.